• JAKABA Mengenal Jamur Keberuntungan Abadi

    JAKABA Mengenal Jamur Keberuntungan Abadi. Jakaba merupakan kulat berfaedah yang tumbuh daripada kanji yang ditapai iaitu air basuhan beras (leri). Air basuhan beras mengandungi unsur fosforus, 70% vitamin B3, 90% vitamin B6, 80% vitamin B1, 50% mangan (Mn), 60% besi (Fe), 50% fosforus (P), 100% serat, dan asid. lemak penting. (idnfarmers.com).

    JAKABA Jamur Keberuntungan Abadi

    Melaporkan dari page Kaskus (tinadewi10, 20/09/2020), Jakaba ditemui oleh Aba Junaidi Sahidj menggunakan air basuhan beras sebagai bahan utama. Jakaba telah terbukti berkesan dalam menangani tumbuhan yang terbantut. Malah Jakaba yang dilaporkan mengandungi bakteria pendarfluor Pseduomonas, bakteria pektolitik pektin, dan bakteria Xanthomonas maltophilia mempunyai banyak manfaat lain untuk tumbuhan.


    Khasiat cendawan jakaba untuk tumbuhan antara lain:

    Mempercepatkan pertumbuhan tumbuhan yang terbantut

    Memanjangkan hayat tumbuhan

    Mengatasi fusarium, Fusarium adalah patogen tumbuhan yang boleh menyebabkan penyakit hawar

    Melindungi akar tumbuhan daripada patogen dan sebagai baja organik cecair untuk tumbuhan.


    JAKABA Mengenal Jamur Keberuntungan Abadi

    Khasiat yang terdapat dalam Jakaba mengandungi jumlah karbohidrat yang tinggi, malah sehingga 90%, yang akan mengoptimumkan beberapa fungsi hormon seperti Auxin, Gibberellins, dan Alanine (Nutani, 2020). Ketiga-tiganya diketahui merangsang pertumbuhan pucuk daun, dan mengangkut makanan ke sel yang paling penting dalam kedua-dua daun dan batang tumbuhan. Menariknya, Jakaba boleh digunakan untuk semua jenis tumbuhan dan semua musim tumbuh. daripada aplikasi kepada tanaman bermusim, tanaman tahunan, sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman, malah untuk tanaman hiasan. Pemakaian agak mudah, boleh dilakukan dengan merenjis, menyembur atau bocor. Menyembur atau menuang boleh menggunakan dos 0.8: 20 atau ia boleh diselaraskan dengan dos yang diperlukan tumbuhan.


    Cara Membuat JAKABA

    Proses pembuatan jakaba ini dimulakan dengan menyediakan air basuhan beras yang dikumpulkan dalam baldi, perlu digariskan menggunakan air basuhan beras yang masih pekat atau basuhan beras kali pertama, tuangkan ke dalam bekas (baldi) yang cukup besar sehingga banyak peredaran oksigen dapat masuk . Selepas itu, tutup bekas dengan ketat menggunakan kain supaya peredaran udara masih baik dan letakkan di tempat yang teduh, gelap dan sejuk, atau lebih mudah tutup dengan kadbod dan biarkan selama 1-3 minggu. Adalah penting untuk memberi perhatian semasa penyimpanan untuk tidak membukanya kerana spora jakaba sangat sensitif kepada cahaya.


    Selepas 3 minggu disimpan, biasanya banyak jakaba telah tumbuh terapung di permukaan air, bentuknya menyerupai akar yang baru tumbuh yang berkelompok dan jika banyak ia kelihatan seperti batu karang di dasar laut. Bahagian yang dimanfaatkan daripada jakabah ini ialah air. Cara menyapukan jakaba pada tumbuhan adalah dengan mengambil air jakaba dengan kadar 100 ml/liter air.


    Sumber:

    https://www.indianafarmers.com/

    _______________________________________________________________________________




    Apa itu Jakaba?


    Dalam upaya untuk mendukung pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, penggunaan bahan bahan organik dalam budidaya pertanian menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan. Salah satu bahan organik yang bermanfaat bagi tanaman adalah jamur keberuntungan abadi atau disingkat jamur jakaba. Jamur Jakaba merupakan sumber organik yang dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanaman. Jamur jakaba umumnya digunakan dalam bentuk pupuk cair yang diaplikasikan ke bagian tanaman.


    Apa Manfaat Jamur Jakaba ?


    Mempercepat pertumbuhan tanaman yang kerdil


    Ketika menyemai biji atau benih tanaman, kerap kali kita menemukan tanaman yang lambat pertumbuhannya dibandingkan yang lainnya. Ada beberapa penyebab, seperti faktor genetik, percampuran media tanam yang tak merata, juga hama penyakit bawaan atau endemik lahan penanaman. Pupuk organik cair dari jamur jakaba bisa membantu mempercepat pertumbuhan tanaman yang kerdil tersebut.


    Memperpanjang umur tanaman


    Umur tanaman beragam dengan mengaplikasikan jamur air leri yang bernama Jakaba ini tanaman bisa panjang usia tanaman Rati atau jenis terong.


    Mengatasi fusarium


    Fusarium adalah penyakit yang diakibatkan oleh cendawan. Fusarium adalah salah satu genus cendawan berfilamen yang banyak ditemukan pada tanaman dan tanah. Fusarium merupakan patogen pada tanaman yang dapat menyebabkan penyakit hawar. Anda bisa mencegah risiko tanaman terkena penyakit hawar ini dengan memberi pupuk cair jamur jakaba.


    Cara Mendapatkan Jakaba


    Menurut penemunya jakaba didapat dari bekas air cucian beras atau di kenal air leri kemudian di masukan kedalam wadah seperti tong plastik atau bak plastik yang bersih.  Tutup atasnya dengan kain hingga menutupi mulut wadah tersebut.  Taruh wadah tempat yang teduh tidak terkena sinar matahari langsung atau bersuhu ruangan di dalam rumah selama 15 hari atau bahkan lebih.  Jika beruntung muncul bakal jamur jakaba yang berwarna bintik-bintk merah.   Lanjutkan terus penutupan biarkan hingga tumbuh besar sesuai dengan keinginan. Apabila setelah menunggu 1 bulan tidak muncul juga bahan jakaba, maka mulailah dari tahap awal.


    Jamur Jakaba sedikit banyak memerlukan faktor keberuntungan.  Tidak serta merta didapatkan begitu saja.  Terkadang harus beberapa kali mengulang dengan berbagai bahan tambahan. Bahan tambahan untuk memancing jamur jakaba antara lain : nasi yang masih baru, akar bambu, dedak, sabut kelapa, tongol jagung, dll ke dalam larutan air cucian beras. 


    Ciri-ciri Jamur Jakaba


    Pada bagian atas jamur berwarna coklat secara keseluruan mirip dengan coral karang tekstur renyah


    Pada bagian bawah berwarna kehijauan tekstur kenyal agak mirip karet tapi mudah patah atau hancur.


    Cara Memperbanyak Jamur Jakaba


    Memperbanyak jamur keberuntungan abadi ini lebih mudah dari pada mendapatkan awalnya. Memperbanyak hanya membutuhkan sedikit saja jamur Jakaba kemudian kembang biakan pada air leri atau air bekas cucian beras dan tutup.  Prosesnya sama seperti cara memancingnya pertama kali.


    Tunggu hingga 14 hari kemudian buka wadah bila jamur Jakaba berkembang.  Lakukan terus demikian sampai kita mendapatkan jumlah jakaba yang diinginkan.


    Bagaimana Cara Aplikasi Jamur Jakaba Sebagai Pupuk Organik Cair


    Jamur Jakaba dapat diaplikasikan dengan cara ditabur, spery ataupun kocor.   Jamur ini cocok untuk semua jenis tanaman, semua musim tanam,  tanaman musiman, tanaman tahunan, sayuran, buah-buahan, palawija, bahkan di aplikasikan ke tanaman hias.


    Caranya ambil jakaba secukupnya kemudian hancurkan dengan blender agar halus tambahkan air leri secukupnya setelah jadi, ramuan di atas sebanyak 800 mili kemudian tambahkan air sebanyak 20 liter sesuaikan dengan kebutuhan untuk dosis gunakan perbandingan.


    Pengaplikasiannya bisa untuk kocor atau di semprotkan keseluruh bagian tanaman menurut keterangan beliau


    Beberapa Bakteri Yang Dihasilkan dari Air Cucian Beras


    Bakteri Pseudomonas fluorescens


    Adalah sejenis mikroba atau mikroorganisme yang beradaptasi serta mengkloning dengan baik pada sistem perakaran (akar tanaman) serta mempunyai keunggulan untuk mensintesis metabolit untuk proses menghambat perkembangbiakan patogen.


    Bakteri Pektolitik pektin


    Bakteri ini adalah sejenis mikroba yang mensintesis karbohidrat dan Asam Amino untuk menghasilkan hormon tumbuh atau ZPT.


    Bakteri Xanthomonas maltophilia


    Bakteri ini menginfeksi sel hama Embun Tepung karena perkembangbiakannya pesat di atas suhu 33oC dan ketersediaan lisis dalam jumlah besar.


    Tiada ulasan

    Post Top Ad